Review Drama Korea 'The King 2 Hearts', Ketika Toleransi Jadi Perekat

23.13 Dianissafitrah Hidayati 0 Comments

Poster Drama "The King : 2 Hearts" (2012)
Menurut saya, ini adalah drama yang sangat cerdas. Drama yang mengangkat isu sensitif yaitu hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Seperti yang sudah diketahui, mereka adalah satu-satunya negara di dunia yang terbagi dua dengan perbedaan ideologi : Korea Utara dengan komunis, dan Korea Selatan yang merupakan negara kapitalis. Namun tim produksi berhasil membuat plot drama yang unik, humornya asyik, dibumbui dengan kisah cinta antara Kim Hang Ah (Ha Ji Won) yang merupakan anggota pasukan elit khusus Korea Utara dan Lee Jae Ha (Lee Seung Gi) yang merupakan pangeran Korea Selatan. Jadi dalam drama ini diceritakan kalau Korea Selatan menganut sistem monarki konstitusional, dengan kata lain kerajaan modern. Yah bayangin aja kayak Kerajaan Inggris gitu lah.
Karakter Lee Jae Ha dalam drama ini awalnya adalah trouble maker. Sebagai seorang pangeran, dia nggak pernah terlibat dalam urusan kerajaan. Kerjaannya cuma bersenang-senang, ngabisin duit kerajaan. Wkwkwk… Tapi sebenarnya sih, Lee Jae Ha itu aslinya pinter banget, IQ 187! Kemampuan aslinya baru keluar dalam keadaan terdesak. Terbukti, dia berhasil membongkar kasus kematian kakaknya (Raja pada saat itu) dan memenjarakan Kim Bong Goo which is karakter antagonis utama dalam drama ini. Kim Bong Goo (Yoon Je Moon) adalah pemilik Club M, sebuah perusahaan multinasional yang disebut sebagai pemerintahan bayangan. Apa itu pemerintahan bayangan? Nonton aja dramanya yaaahh. :D Intinya dia itu lebih berkuasa daripada presiden Amerika Serikat dan tokoh-tokoh penting dunia.
Nah, sedangkan Kim Hang Ah adalah putri dari petinggi pemerintahan Korea Utara. Ayahnya adalah Wakil Menteri Unifikasi Korea Utara-Selatan. Kim Hang Ah adalah perwira tentara wanita terbaik di Korea Utara dan merupakan anggota pasukan elit khusus. Jadi dia jago bela diri dan ahli dalam strategi militer. Meskipun begitu, dia adalah orang yang hangat, bijaksana, cerdas, dan bertanggung jawab. Dia juga open minded dan punya toleransi yang tinggi. Sejak awal episode, diperlihatkan bahwa walaupun Ia orang Korea Utara, tapi dia nggak membenci Korea Selatan dan memahami perbedaan budaya dan pandangan antara kedua negara.
Seluruh pemain drama ini punya kualitas akting yang nggak perlu diragukan lagi, baik pemeran utama maupun pemeran pendukung. Chemistry antara Lee Seung Gi dan Ha Ji Won kerasa banget. Interaksi mereka kelihatan sangat natural dan enak aja dilihatnya. Pokoknya kalian bakal ngerti yang aku maksud ini kalo udah nonton. :D Karakter Kim Bong Gu bikin kamu jadi geregetan sendiri. Penampilan luarnya keliatan konyol, tapi dia itu liciknya masyaAllah deh -___- Trus, bromance antara Eun Shi Kyung (Jo Jeong Seok) dan Lee Jae Ha bikin yang nonton jadi senyum-senyum sendiri. Apalagi Eun Shi Kyung itu punya karakter, yang kalo kata Lee Ja Ha nih, sangat membosankan dan nggak peka! HAHAHAHA… Tapi Eun Shi Kyung ini adalah pengawal kerajaan yang punya jiwa nasionalisme tinggi lhoo..
Selain kualitas akting pemain serta plot drama yang unik dan keren abis, soundtrack drama ini juga nggak kalah keren. Soundtrack utama drama, Missing You Like Crazy yang dinyanyikan oleh Kim Taeyeon, berhasil memenangkan penghargaan Outstanding Korean Drama OST dalam ajang prestisius Seoul International Drama Awards. Lagu soundtrack ini lah yang membuat saya jadi penggemar berat SNSD (Girls’ Generation) terutama main vocalist sekaligus leader-nya, Kim Taeyeon. :) Selain itu ada juga lagu Love is Crying oleh K.Will, sering diputar pas adegan-adegan yang sedih, bikin penonton jadi pengen nangis, apalagi kalo ngerti artinya. T_T
Selama menonton drama ini, saya sadar bahwa banyak nilai moral yang diselipkan dalam setiap adegan, terutama toleransi dan kepercayaan. Bagaimana korea utara dan korea selatan bekerja sama, sedikit demi sedikit, untuk menyatukan kembali dua negara yang sudah lama terpisah. Baik Korea Utara maupun Korea Selatan sebenarnya sangat ingin berdamai dan jadi satu negara utuh. Tapi yah, ada banyak hal yang perlu diselesaikan, ada banyak konflik yang mengintai, there’s still a long way to go. Setelah nonton drama ini, saya jadi lebih bersyukur tinggal di Indonesia yang nggak perlu khawatir sewaktu-waktu bisa pecah perang, kayak Korea Utara sama Korea Selatan sana.
Overall, menurut saya drama ini dapat poin 10/10. ^^ Karena itulah saya ngefans banget sama drama ini dan nggak bosen nonton berkali-kali. Hehehe..


PS :
Lee Jae Ha melamar Kim Hang Ah
Ini adalah adegan favorit saya dalam drama ini. Lee Jae Ha ngelamar Kim Hang Ah, di bawah bunga sakura yang berguguran, sambil diiringi soundtrack Missing you like crazy-nya Kim Taeyeon. Sweeeeeetttt bangeeetttt ^^

0 komentar: