Review Drama Korea 'The Good Detective', Nyatanya Manusia Tidak Hitam dan Putih

22.15 Anis Dianissa 0 Comments



Kasus dimulai ketika Lee Dae Chul (Jo Jae Yun) dituduh melakukan pembunuhan seorang mahasiswi. Ia kemudian dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati. Beberapa tahun kemudian menjelang eksekusi matinya dilaksanakan, keraguan tentang kasus tersebut muncul. Detektif Kang Do Chang (Son Hyun Joo) dan partner barunya, Detektif Oh Ji Hyeok (Jang Seung Jo) dari Kepolisian Incheon Barat berusaha mengungkap pelaku sebenarnya dibalik kasus pembunuhan tersebut dan menyelamatkan Lee Dae Chul dari eksekusi mati. Keduanya dibantu oleh reporter kantor berita Harian Junghan, Jin Seo Kyung (Lee Elijah), mengulik kembali kasus pembunuhan tersebut dan mencari bukti ditengah waktu yang sempit. Pada akhirnya mereka mengetahui bahwa Oh Jong Tae (Oh Jung Se), CEO perusahaan asuransi yang juga merupakan sepupu Detektif Oh Ji Hyeok, adalah pelaku sebenarnya dari kasus tersebut. Tapi namanya juga orang kaya, dengan koneksinya di kepolisian, kejaksaan, dan media, kebenaran itu tertutupi dan eksekusi mati Lee Dae Chul tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Kang Do Chang merupakan detektif yang terlibat dalam pemeriksaan kasus pembunuhan tersebut. Setelah menyadari bahwa Ia membuat orang yang tidak bersalah dihukum mati, Ia bertekad menyelidiki kembali kasus tersebut dari awal. Sementara Detektif Oh Ji Hyeok punya kenangan masa lalu dimana ayahnya menjadi korban pembunuhan. Motivasinya untuk selalu berusaha mencari kebenaran dari setiap kasus bisa dibilang tidak terlepas dari pengalamannya tersebut. Ia tidak ingin keluarga korban mengalami ketidakadilan. Mereka inilah Si- "The good detective".

Kasus Lee Dae Chul awalnya murni direkayasa oknum kepolisian dibawah perintah ayahnya Oh Jong Tae. Namun, setelah Lee Dae Chul dinyatakan bersalah di pengadilan, pihak kejaksaan baru mengetahui bahwa mereka mendakwa orang yang salah. Pihak kejaksaan tentu saja menutupi kebenarannya walaupun mereka punya bukti bahwa Lee Dae Chul tidak bersalah. Hal ini bukan karena Oh Jong Tae menyuap pihak kejaksaan, tapi pihak kejaksaan yang memutuskan sendiri untuk menutupi kebenaran itu demi nama baik mereka.

Rapat rahasia kejaksaan, kepolisian, dan media tentang kasus Lee Dae Chul.
Hasil rapat: Tutupi kebenarannya


Selain pihak kejaksaan, oknum kepolisian, media, hingga kehakiman masing-masing punya andil dalam menutupi kebenaran kasus ini, baik sengaja atau tidak sengaja. Alasannya sederhana: takut dipecat. Jadi, kalau dipikir-pikir, Oh Jong Tae nggak punya andil besar dalam menutupi kebenaran kasus ini. Kebenarannya tertutupi karena semua pihak yang terlibat menutup mata, mereka nggak cukup berani mempertaruhkan jabatannya. Di dunia nyata, hal ini sebenarnya wajar sih menurutku. Bayangkan nih, ketika kamu dipecat, siapa yang akan menghidupi kamu dan keluargamu. Kalau misalnya diturunkan jabatannya, gimana dengan impian untuk mencapai jenjang karir yang lebih baik. Kamu gak bisa menyalahkan orang-orang ini karena setiap manusia punya egoisme. Sangat jarang orang yang mau mempertaruhkan jabatannya hanya demi mencari kebenaran untuk orang yang mereka gak kenal secara pribadi. Nah, dalam hal ini Kang Do Chang adalah polisi teladan, karena meskipun Ia juga gak mau dipecat dan butuh uang untuk kehidupannya, Ia memilih untuk mengikuti hati nurani. Sikap ini akhirnya menular ke semua anggota Tim 2 Unit Kejahatan Kekerasan (Jatanras) Kepolisian Incheon Barat. Mereka kembali diingatkan akan kebanggaan sebagai polisi yang tugasnya menangkap penjahat.

Anggota Tim 2 Unit Jatanras. Maknae lagi di-bully >.<


By the way, Tim 2 Unit Jatanras ini kompak banget. Mereka memang pada akhirnya ikut membantu Detektif Kang dan Detektif Oh menyelidiki ulang kasus Lee Dae Chul. Tapi untuk sampai pada keputusan itu sedikit diwarnai drama. Soalnya mereka tahu kalau menyelidiki ulang kasus ini sama dengan mengumumkan kepada publik bahwa organisasi kepolisian melakukan kesalahan dalam penyelidikan. Jadi dalam drama ini digambarkan sisi realistis polisi, bahwa polisi itu bukan super hero, mereka bisa killed in action, dipecat, dipidah tugaskan ke daerah, nggak bisa naik jabatan, bahkan kena tindakan disiplin kalau penyelidikan nggak mengikuti protokol. Ketua tim, Detektif Woo Bong Sik, (Jo Hee Bong), paling rajin mengingatkan anggota supaya mematuhi protokol setiap mereka bertugas di lapangan.

Ketua Tim, orang paling realistis, kadang penakut, tapi merupakan pemimpin yang baik.


Pihak lain yang juga berperan dalam penyelidikan kasus Lee Dae Chul adalah Inspektur Kepolisian Incheon Barat, Moon Sang Beom (Son Jong Hak). Ia adalah atasan para detektif ini. Dalam kasus Lee Dae Chul, Ia berperan dalam memanipulasi barang bukti yang menyebabkan Lee Dae Chul berhasil didakwa. Inspektur Moon ini juga merupakan polisi korup yang seringkali menerima suap. Karena karakternya ini, saya pikir dia memanipulasi barang bukti karena disuap oleh CEO Oh Jong Tae, tapi ternyata nggak lho! Selama penyelidikan kasus Lee Dae Chul, ada detektif yang terbunuh dan dia mengira ini dilakukan  oleh Lee Dae Chul. Pada saat ini, tidak ada bukti fisik yang menunjukan bahwa Lee Dae Chul merupakan pelakunya. Oleh karena itu, Ia memalsukan barang bukti supaya Lee Dae Chul bisa ditangkap. Jadi kita nggak bisa menganggap Inspektur Moon sepenuhnya salah juga karena Ia melakukannya demi mendapatkan keadilan untuk anak buahnya dan rasa solidaritas sesama detektif. Setelah negosiasi, ancaman, hingga heart-to-heart talk dengan Detektif Kang, Inspektur Moon sebagai atasan mereka akhirnya bersedia mendukung penyelidikan ulang kasus Lee Dae Chul.


Alasan kenapa Inspektur Moon kelihatan kayak orang jahat


Karakter penting lain dari drama ini adalah Yoo Jung Seok (Ji Seung Hyun), manajer berita di Harian Junghan, atasannya Jin Seo Kyung. Ia juga adalah adik Menteri Kehakiman. Ia adalah jurnalis yang berdedikasi dan merupakan idolanya Reporter Jin. Tapi, apakah Ia sepenuhnya orang baik? Nggak juga! Ia memiliki andil besar atas pelaksanaan hukuman mati Lee Dae Chul dengan cara mengendalikan opini publik lewat artikel berita yang diterbitkan Harian Junghan. Yoo Jung Seok melakukan itu agar karir politik kakaknya bisa lebih mulus saat memegang jabatan sebagai Menteri Kehakiman, nggak terbebani dengan peraturan hukuman mati yang pada saat itu masih menjadi pro kontra di Korea Selatan. Dia juga punya alasan lain sih kenapa ngebet banget supaya Lee Dae Chul dihukum mati, but no spoiler ya. Nonton aja sendiri. Wkwkwk

Drama JTBC ini alurnya menarik dan realistis. Tapi kasus yang dibahas memang complicated karena ada banyak rahasia dan kasus lain yang terkait dengan kasus Lee Dae Chul. Ada beberapa bagian dimana saya juga nggak paham dengan dialog para pemerannya karena maknanya terlalu tersembunyi dan ekspresi pemerannya tidak terlalu mengarahkan. Tata musiknya juga kurang dramatis sih, kurang bikin deg-degan. Mungkin karena dramanya menitikberatkan pada keseharian polisi tanpa ada kasus yang luar biasa. Kasus yang dibahas terlihat rumit karena banyaknya pihak yang terlibat dan rahasia yang terungkap satu-persatu. Overall, drama 'The Good Detective' saya kasih skor 8.9/10 .


***

0 komentar: