5 Rekomendasi Drama Criminal Profiling Buatmu Pecinta Genre Detective, Psychological, dan Thriller

19.19 Dianissafitrah Hidayati 0 Comments


Criminal profiler merupakan seseorang yang membantu kepolisian menyelesaikan kasus dan mencari pelaku dengan cara menganalisis karakteristik psikologisnya. Dalam berbagai drama, criminal profiler juga kadang disebut criminal psychologist atau psikolog kriminal. Berikut Fine and Fun sajikan rekomendasi drama tentang profesi ini yang bikin kamu ikutan mikir dan penasaran sampai akhir episode!


5. I Remember You (2015)


I Remember You atau dikenal juga dengan judul 'Hello Monster' menceritakan tentang seorang profiler kriminal bernama Lee Hyun (Seo In Guk) yang jenius tapi kalau ngomong suka nggak disaring. Ketika kecil, ayahnya dibunuh dan adiknya menghilang hingga menyebabkan Ia hilang ingatan karena shock. Bertahun-tahun kemudian, Lee Hyun kembali ke Korea Selatan untuk menguak rahasia dibalik memori masa kecilnya.

Satu hal yang perlu kalian ketahui dari drama ini adalah salah satu tokoh psikopatnya, Park Bo Gum, yang walaupun dia membunuh orang yang sering menelantarkan orang lain, tapi saya yakin kalian nggak bisa benci sama dia. Soalnya dia punya kelainan psikologis dan akhirnya jadi psikopat disebabkan karena trauma masa kecil. Alasan lainnya adalah karena he is too cute to be a villain! Wkwkwk 

4. Tunnel (2017)


Pada tahun 1986, Detektif Park Gwang-Ho (Choi Jin Hyuk) sedang mengejar pelaku kasus pembunuhan berantai dan tanpa sadar menembus waktu ke tahun 2017 melalui sebuah terowongan. Di tahun 2017, Ia bertemu dengan petugas polisi Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan profesor psikologi kriminal Shin Jae Yi (Lee Yoo Young), bersama mereka berusaha memecahkan kasus pembunuhan berantai yang terjadi sejak 30 tahun yang lalu.

Hal yang menarik dari drama ini salah satunya adalah profiler-nya merupakan seorang wanita which is jarang banget ada di drama korea, kecuali mereka ada dalam sebuah tim. 

3. Signal (2016)


Sebuah tim yang khusus menangani cold case (kasus lama yang belum terselesaikan) dibentuk oleh kepolisian. Dalam tim tersebut ada seorang profiler kriminal yang bernama Park Hae Young (Lee Je Hoon). Hae Young bekerja sama dengan polisi dari masa lampau, Cho Jin Woong (Lee Jae Han), melalui walkie-talkie untuk memecahkan kasus yang masih menjadi misteri selama puluhan tahun.

Drama ini ditulis oleh Kim Eun Hee yang merupakan penulis naskah drama populer Ghost atau dikenal juga dengan judul Phantom (baca review drama Ghost disini). Jadi kualitas ceritanya sudah nggak perlu diragukan lagi dong.

Drama ini memenangkan Best Content Award kategori Drama dalam ajang tvN10 Awards dan Best Drama dalam 52nd Baeksang Arts Awards.

2. Criminal Mind (2017)


Drama tvN ini merupakan remake dari serial TV Amerika dengan judul yang sama. Drama ini menceritakan tentang tim profiler di National Criminal Investigation (NCI) yang beranggotakaprofiler Kang Ki Hyung (Son Hyun Joo) sebagai ketua tim, profiler Kim Hyun Joon (Lee Joon Gi) yang sebelumnya bertugas di tim SWAT, analis perilaku Ha Sun Woo (Moon Chae Won), analis psikologi Lee Han (Go Yoon), Yoo Min Young (Lee Sun Bin) yang bertanggung jawab mengurusi media, dan ahli komputer Na Na Hwang (Yoo Sun). FYI, NCI itu sebenarnya institusi fiktif, jadi nggak benar-benar ada di Korea Selatan. NCI dalam drama ini dibuat untuk mendukung setting tempat.

Tim Profiler NCI bertugas dalam menyelesaikan kasus berat seperti pembunuhan berantai, penculikan berantai, atau kasus misterius dimana tidak ditemukan saksi atau bukti fisik yang cukup untuk mengetahui siapa pelakunya. Penjahat utama dalam drama ini adalah 'The Reaper' yang menjadikan tim profiler NCI ini sebagai target kejahatannya.

1. Love Me If You Dare (2015)


Love Me If You Dare adalah drama China tentang seorang psikolog kriminal jenius bernama Bo Jin Yan a.k.a Simon (Wallace Huo). Bersama dengan asistennya, Jian Yao atau dikenal juga dengan Jenny (Sandra Ma) dan temannya Fu Zi Yu (Yin Zheng) yang merupakan seorang ahli IT, mereka membantu kepolisian memecahkan kasus paling sulit yang seringkali berhubungan dengan psikopat.

Drama 24 episode ini memenangkan Innovative Themed Drama of the Year dalam ajang 1st China Quality Television Drama Ceremony karena tema ceritanya yang unik. Akting pemerannya juga keren. Tokoh utama drama, Wallace Huo, memenangkan dua penghargaan sekaligus yaitu, Most Popular Actor dan Most Marketable Actor dalam ajang yang sama. Yin Zheng yang berperan sebagai sobatnya Jin Yan juga memenangkan penghargaan sebagai Best Newcomer. 

Baca review lengkapnya disini

Nah, itu dia rekomendasi drama criminal profiling seru buat kamu yang suka genre detektif, psikologi, thriller, maupun misteri. Selamat menonton dan jangan meleng sedikitpun karena pasti kamu jadi nggak ngerti alur ceritanya. Hehe


***

0 komentar: