Calon Wisudawan, Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan untuk Hari Wisuda!

18.21 Dianissafitrah Hidayati 4 Comments


Wisuda menjadi momen yang membahagiakan bagi para mahasiswa akhir dan keluarganya. Pasalnya, perayaan sehari tersebut menjadi puncak pencapaianmu setelah bertahun-tahun menempuh studi dan ribetnya menyusun skripsi. Karena itu, walaupun cuma sehari, kamu tentu ingin mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk pelaksanaan wisuda. Buat kamu para calon wisudawan, berikut hal-hal yang perlu disiapkan menjelang hari wisuda!

1. Kebaya

beautynesia.id

Pakaian yang umumnya dikenakan ketika wisuda adalah kebaya dengan bawahan rok motif tradisional, misalnya kain tenun atau jarik untuk perempuan, sedangkan laki-laki menggunakan setelah jas rapi. Kalau kamu perempuan, pasti tahu deh pusingnya ngurus kebaya. Memang sih, kamu bisa beli atau sewa aja biar nggak ribet. Tapi kelemahannya, kita nggak bisa leluasa mencari kebaya sesuai motif, model, maupun ukuran yang pas dengan kebutuhan dan preferensi pribadi kita. Jadi kebanyakan pasti memilih untuk menjahit kebaya yang akan digunakan ketika wisuda.

Masalahnya adalah, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan ketika memutuskan untuk menjahit kebaya. Pertama, kamu harus pikirin model kebaya yang diinginkan, jenis kain yang digunakan, hingga warnanya. Kamu juga harus menyesuaikan kebaya dengan rok dan hijabnya (bagi yang menggunakan). Kedua, kamu mulai mencari bahan yang diinginkan ke toko kain. Itu pun setelah kamu tanya sana sini tentang rekomendasi toko kain yang bagus di kotamu. Ketiga, kamu kembali cari informasi rekomendasi penjahit kebaya yang sesuai dengan keinginan dan budgetmu. Kamu harus memastikan apakah jahitannya cukup rapi, biayanya sesuai budget, jarak si penjahit dengan lokasimu sejauh apa atau apakah si penjahit bersedia datang ke tempatmu untuk mengukur badan.

Karena itulah, selama mempersiapkan baju wisuda, laki-laki adalah makhluk paling beruntung karena mereka tinggal pergi ke toko setelan jas, pilih-pilih sebentar, kelar deh! 

2. Make Up

www.pixabay.com

Kamu yang jago make-up bisa sedikit lega karena nggak perlu pusing mikirin yang satu ini. Tapi, bagi yang kurang jago atau jarang pakai make-up, hal yang satu ini pasti bikin kamu pusing. Untuk pelaksanaan wisuda, nggak mungkin dong kamu cuma pake bedak kayak biasanya kalau mau ke kampus. Jadi pilihannya ada dua, mau ke salon atau pakai Make-Up Artist (MUA). Bagi kamu yang berhijab, kamu perlu cari MUA yang bisa atau punya partner hijab stylist.

Sebulan sebelum wisuda biasanya mahasiswi sudah mulai tanya-tanya rekomendasi MUA ke kakak tingkat atau teman yang sudah wisuda duluan, trus kepoin instagram si MUA supaya tahu make-up nya seperti apa, bayarnya berapa, dan apakah mendatangi lokasi kita atau kita yang harus ke tempat si MUA. Setelah itu, kamu bisa langsung booking deh MUA yang diinginkan, sebelum keburu full booked. Well, nyari MUA tuh sebenarnya kompetisi antar wisudawati, siapa cepat dia dapat. Kamu yang mencari MUA mepet hari-H biasanya sudah nggak dapat MUA yang recommended atau biayanya jadi lebih mahal.

3. High Heels

www.pixabay.com

Sandal atau sepatu hak tinggi merupakan sentuhan akhir untuk mempercantik penampilanmu di hari wisuda. Tentunya kamu nggak bisa asal memilih sepatu. Kamu harus menyesuaikan warnanya dengan pakaianmu. Lebih aman kalau memilih sepatu dengan warna netral atau warna-warna nude agar cocok digunakan untuk semua warna pakaian. 

Sebaiknya, gunakan sandal atau sepatu dengan heels yang tidak terlalu tinggi. Beberapa universitas bahkan menyarankan mahasiswanya untuk tidak menggunakan heels lebih dari 5 cm. Tujuannya adalah agar posisimu lebih stabil ketika harus berjalan di atas panggung untuk bersalaman dengan rektor dan menerima ijazah. Nggak lucu kan kalau di momen pentingmu itu, kamu justru terjatuh di depan semua hadirin karena heels yang ketinggian? Saran ini juga penting banget buat kamu yang masih pemula dalam menggunakan high heels.

4. Foto Studio

Doc. pribadi

Karena momen wisuda sarjana hanya sekali seumur hidup, tentunya kamu harus mengabadikannya melalui foto profesional. Mumpung hari itu kamu lagi cakep-cakepnya. 

Banyak studio foto yang menyediakan paket foto wisuda dengan beragam harga dan keuntungan. Ketika memilih studio foto, ada baiknya kamu mempertimbangkan jumlah anggota keluarga yang ikut berfoto, waktu foto yang disesuaikan jadwal wisuda, dan jarak antara lokasi wisuda dengan studio foto. Kepoin studio foto jauh-jauh hari sebelumnya, lalu booking studio foto dengan kualitas foto terbaik dan sesuai kebutuhanmu.

5. Penginapan untuk Keluarga

www.pixabay.com

Point ini terutama penting untuk kamu yang berasal dari luar kota dimana jarak antara kota asal dengan kota rantauan cukup jauh. Keluargamu pasti butuh waktu untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan panjang. Kadang ada beberapa kos-kosan yang tidak memperbolehkan anggota keluarga laki-laki untuk menginap sehingga kamu perlu mencari penginapan untuk mereka. Apalagi kalau anggota keluargamu cukup banyak, tentunya kamu nggak mau dong bikin temen se-kosan merasa tidak nyaman karena suasana yang ramai.

Memilih penginapan yang tepat untuk anggota keluarga juga butuh beberapa pertimbangan. Sesuaikan budget untuk penginapan dengan jumlah anggota keluarga yang akan menginap, harga dan lokasi penginapan, serta fasilitas yang disediakan di penginapan tersebut. Nantinya kamu bisa merencanakan apakah lebih baik menyewa kos harian, guest house, atau bahkan hotel, yang terpenting adalah keluargamu merasa nyaman selama menginap.


Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu rencanakan jauh-jauh hari sebelum hari wisuda. Ribet sih, tapi demi kelancaran hari terpentingmu itu, sedikit berpusing ria tidak masalah kan?



4 komentar:

  1. Bulan April mendatang In syaa Allah aku bakal wisuda mbk. Dan sekarang lagi persiapin semua itu, mulai dari kebaya dan lain lain. Repot hihi. Btw salam kenal, muthihauradotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, selamat ya! semoga postingan diatas bisa membantu. salam kenal juga :)

      Hapus
  2. Banyak lulusan perguruan tinggi memiliki pertanyaan yang sama, setelah lulus, atau setelah wisuda terus ke mana? Pada periode waktu seperti ini, para lulusan mengalami tekanan tertentu. Pada dirinya seakan ada beban, semua orang seakan melihat dirinya, menuntut dirinya segera memberi peran. Cuitan Online

    BalasHapus