Review Drama China 'Love Me If You Dare', Criminal Profiler Pecahkan Kasus dengan Trik Psikologis!

12.53 Dianissafitrah Hidayati 0 Comments

Love Me If You Dare (2015)

Walaupun judul drama ini kelihatan kayak drama percintaan, tapi Love Me If You Dare merupakan drama China tentang seorang psikolog kriminal jenius bernama Bo Jin Yan a.k.a Simon (Wallace Huo). Jin Yan punya IQ yang tinggi dan merupakan seorang profesor termuda di University of Maryland Amerika Serikat. Ia kembali ke China setelah berurusan dengan pembunuh berantai incaran FBI lalu menjadi penasihat kepolisian untuk menangani kasus-kasus paling sulit.

Di China Ia bertemu dengan Jian Yao atau dikenal juga dengan Jenny (Sandra Ma) yang kemudian menjadi asistennya dalam menyelesaikan kasus. Mereka berdua saling jatuh cinta, cuma karena Jin Yan itu EQ-nya rendah, dia nggak tahu cara mengekspresikan diri dan nggak peka. Jin Yan sadar kalau sudah jatuh cinta dengan Jian Yao setelah dia menganalisis perilakunya sendiri. Wkwkwk.. Tau deh yang psikolog jenius :D

Ada satu hal menarik waktu Jin Yan udah mulai suka sama Jian Yao. Jin Yan itu kan pernah kerja bareng FBI waktu masih di Amerika jadi dia punya teman kerja yang merupakan seorang profiler juga, namanya Susan. Tanpa harus nanya, dia langsung tahu kalau Jin Yan, atau yang dikenal Susan dengan nama Simon itu, lagi jatuh cinta. Trus dia langsung nyeletuk kayak gini :

Susan : "Kamu tidak akan memberitahuku siapa gadis itu?"
Simon : "Apa maksudmu siapa?" 
Susan : "Ekpresi mikro mu telah berubah. Sudut mata dan bibir, ujung jari, warna baju, bahkan ekspresimu telah sedikit berubah dibanding saat terakhir aku melihatmu. Aku harap kamu memperkenalkannya padaku, segera."
Simon : "Susan, aku tahu kamu adalah spesialis profil, tapi jangan menganalisa aku!"

HAHAHAHAHAHA

Nah, karena Jin Yan nggak ngerti cara bersosialisasi, dia cuma punya satu sobat sejak kuliah, namanya Fu Zi Yu (Yin Zheng). Ia kuliah di universitas yang sama dengan Jin Yan dan mengambil jurusan kedokteran. Tapi Zi Yu ini juga ahli IT jadi sering bantuin Jin Yan memecahkan kasus. Sebenarnya, sifat mereka berdua itu sama sih, sama-sama narsis tingkat dewa! Setiap Jin Yan nanya dengan kalimat : "Apakah kamu bisa?", Zi Yu pasti jawab : "Apakah kamu bisa? Kamu bertanya apakah aku bisa?" seolah-olah nggak terima ditanya kayak gitu. Trus, Jin Yao pasti menengahi dengan jawab : "Kita tahu kok kamu bisa". Dasar orang-orang aneh :D

Sekarang kita bahas jalan ceritanya. Perlu diketahui bahwa kasus-kasus yang diangkat dalam drama ini kebanyakan tentang pembunuhan berantai atau kasus dimana penjahatnya adalah psikopat. Kamu harus benar-benar fokus waktu nonton drama ini karena ada banyak penjelasan tentang cara berpikir kriminal, alasan mereka melakukan kejahatan, ciri-ciri penjahatnya, dan lain lain yang dijelaskan dari sisi psikologis. Jin Yan bisa menerka siapa pelakunya hanya dari melihat TKP dan mengenali reaksi pelaku ketika diinterogasi. Dibandingkan drama-drama criminal profiler lain yang pernah saya tonton, drama ini adalah yang paling cerdas dalam menjelaskan hal-hal rumit tersebut dalam dialog yang apik.

Kasus utama dalam drama ini sebenarnya adalah tentang sosok seorang psikopat dengan kode nama Flower Cannibal. Seringkali ketika mereka mengira si A adalah Flower Cannibal, namun kemudian diketahui bahwa ada orang lain di belakangnya si A yang kemungkinan besar adalah Flower Cannibal-nya. Pada akhirnya, sosok psikopat ini adalah orang yang sangat tidak terduga!

Dari penjelasan saya diatas, kalian pasti sudah bisa menerka bahwa drama ini nggak melulu soal ketegangan mengejar penjahat, tapi juga penuh humor. Jadi dijamin nggak bakal bosen nonton drama 24 episode ini. :) Drama ini bahkan memenangkan Innovative Themed Drama of the Year dalam ajang 1st China Quality Television Drama Ceremony karena tema ceritanya yang unik. 

Akting pemerannya juga keren. Tokoh utama drama, Wallace Huo, memenangkan dua penghargaan sekaligus yaitu, Most Popular Actor dan Most Marketable Actor dalam ajang yang sama. Yin Zheng yang berperan sebagai sobatnya Jin Yan juga memenangkan penghargaan sebagai Best Newcomer. 

Love Me If You Dare adalah drama yang membuat saya jatuh cinta dengan genre criminal profiling. Drama ini merupakan drama criminal profiling sekaligus drama China terbaik yang pernah saya tonton! ^^

***

0 komentar: