One Day Trip di Pulau Lombok : Tips Mengunjungi 5 Tempat Wisata dalam Sehari

21.36 Dianissafitrah Hidayati 4 Comments


Pulau Lombok merupakan salah satu pusat pariwisata andalan Indonesia. Terdapat banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Sayangnya, tidak semua orang punya cukup waktu untuk berjalan-jalan mengelilingi pulau ini. Misalnya nih, kamu hanya datang untuk kunjungan kerja sehingga tidak punya banyak waktu untuk menikmati keindahan alam Lombok. Tapi tenang saja readers, kamu bisa kok menerapkan konsep one day trip. Dari Kota Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, menuju ke arah Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kabupaten Lombok Tengah, kamu bisa mampir ke beberapa tempat wisata di sepanjang rute ini. Berikut Fine and Fun ulas tempat wisata yang bisa dikunjungi dalam rencana perjalanan kamu menuju BIL.

1. Beli Oleh-oleh di Sasaku

Toko Oleh-oleh Sasaku via kompasiana.com

Dalam perjalanan menuju bandara, kamu sebaiknya menyempatkan mampir membeli oleh-oleh disini. Sasaku merupakan toko oleh-oleh terbesar di Pulau Lombok sehingga ada banyak pilihan barang yang bisa kamu beli dan harganya sedikit lebih murah daripada toko oleh-oleh sekitar bandara. Atau kamu bisa membeli oleh-oleh di Kota Mataram saja karena terdapat pasar tradisional dan banyak toko oleh-oleh, terutama sepanjang jalan menuju ke Pantai Senggigi.

2. Desa Gerabah Banyumulek

Berbagai jenis kerajinan gerabah yang dijual

Dari Kota Mataram menuju BIL di Kabupaten Lombok Tengah, kamu akan terlebih dahulu melewati Kabupaten Lombok Barat. Kamu bisa mengujungi sentra industri gerabah di Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Ada banyak home industry yang menjual berbagai jenis gerabah dan menawarkan pengalaman membuat gerabah sendiri. Kalau kamu tidak punya cukup waktu untuk membuat gerabah ukuran mini tersebut, kamu bisa melihat-lihat saja proses pembuatan gerabahnya yang dipraktekkan langsung oleh para pengrajin gerabah disana.

3. Desa Wisata Sukarara

Berfoto di rumah adat Suku Sasak

Desa Sukarara yang terletak di Kecamatan Jonggak, Kabupaten Lombok Tengah ini merupakan penghasil kain tenun terbesar di Pulau Lombok. Disini kamu bisa mencoba baju adat Suku Sasak Lombok dan berfoto-foto ria di rumah adat sasak yang tersedia di area tokonya. Kamu juga akan dijelaskan sejarah kegiatan menenun di Pulau Lombok sambil melihat proses menenun kain. Berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar, seorang wanita yang tidak bisa menenun, tidak diperbolehkan untuk menikah sampai Ia menguasai cara menenun. Oh iya, jangan lupa membeli kain tenunnya untuk oleh-oleh. Yah, walaupun harganya memang relatif mahal karena proses menenun satu kain dapat menghabiskan waktu hingga 1 bulan tergantung kesulitan motif dan ukurannya.


4. Kampung Sasak Ende


Kampung Sasak Ende terletak di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Tempat ini menyuguhkan keunikan perkampungan adat suku sasak, suku asli di Pulau Lombok. Ketika memasuki kawasan ini, penduduk lokal akan menemani kamu berkeliling dan menjelaskan tentang kampung ini mulai dari rumah adatnya hingga kepercayaan masyarakat suku sasak yang masih dipegang teguh oleh para penduduknya. Setelah berkeliling ditemani penduduk lokal, kamu harus mengisi buku tamu. Kamu memang tidak akan dikenakan tarif apapun baik untuk izin masuk perkampungan maupun fasilitasi dari penduduk lokal sebagai tourguide, namun sebagai bentuk ucapan terimakasih sebaiknya kamu menyisihkan sedikit uangmu seikhlasnya.

5. Pantai Tanjung Aan


Pantai Tanjung Aan berada di dekat Pantai Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Birunya laut, pasirnya yang putih, dan angin yang bertiup tenang dijamin membuatmu betah berlama-lama di pantai ini. Pemandangannya juga instagram-able banget dong, jadi siap-siap abadikan momen di pantai ini sebanyak-banyaknya.


Untuk dapat menikmati setiap spot wisata diatas, Fine and Fun sarankan agar kamu berangkat dari hotel di Kota Mataram pada pagi hari setelah sarapan dan mengambil penerbangan pulang di sore hari. Dengan cara ini, kamu tidak akan terburu-buru karena takut ketinggalan pesawat dan bisa menikmati waktu liburanmu yang singkat dengan sebaik-baiknya.



***

4 komentar:

  1. aaam lomboook. pengen kesiniiii, apalagi ke pantai tanjung aannya. btw, makasih sharingnya mbk :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Pantai tanjung aan nya keren banget. ^^
      Sama2 mba, dan salam kenal. Makasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. Lombok udah masuk travel list aku selanjutnya nih, postingannya bermanfaat sekali thank you saringnya mbak hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba. Semoga bisa segera liburan kesana ya. :)
      Btw makasih sudah mampir dan salam kenal :)

      Hapus