7 Tips Sehat Selama Penerbangan, Traveling Jadi Lebih Semangat!

15.11 Dianissafitrah Hidayati 15 Comments

pixabay.com

Kesehatan adalah hal yang harus terus dijaga kapanpun dan dimanapun kamu berada, termasuk saat traveling. Tempat tujuan yang jauh membuatmu gak sabar ingin segera sampai dan menikmati liburan sepuasnya. Namun perjalanan panjang yang memakan waktu berjam-jam atau bahkan melewati zona waktu berbeda dengan pesawat terbang, dapat membuat lelah dan daya tahan tubuh menurun. Eits, jangan khawatir! Kamu bisa tetap menikmati penerbangan panjangmu dengan menerapkan 7 cara berikut agar traveling tetap berkesan.

1. Perbanyak minum air putih sebelum dan selama penerbangan

indy100.com

Pada ketinggian penerbangan, kadar air dalam udara di pesawat 66 persen lebih rendah dibandingkan di permukaan laut, setara keringnya dengan udara di gurun pasir! Efeknya adalah mata, hidung, dan mulut yang kering, pusing, serta dehidrasi. Untuk mencegah hal itu, kamu sebaiknya banyak minum air putih sebelum penerbangan dan selama di dalam pesawat. 

2. Lebih sehat kalau bawa bekal makanan atau snack dari rumah

pexels.com

Makan makanan bergizi dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit muncul saat traveling. Dikutip dari Food Matters, Dokter Medis Robin Berzin menyarankan agar penumpang menghindari makanan tinggi sodium dan pengawet yang banyak ditemukan pada makanan yang disajikan di dalam pesawat dan menggantinya dengan makanan atau snack buatan rumah.

Kamu bisa membawa buah dan sayuran segar, kacang-kacangan, atau sushi buatan rumah yang tentunya lebih sehat. Kamu juga bisa membawa air lemon untuk memastikan asupan vitamin C mu tetap terjaga selama penerbangan.


3. Lindungi telinga dari perubahan tekanan udara

Getty Images

Tekanan udara dalam kabin berubah secara signifikan ketika take-off dan landing sehingga memberikan efek tersumbat pada telinga. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk menelan, menguap, atau mengisap es batu secara perlahan.

4. Latihan pernapasan dan meditasi membuatmu tetap relaks dan fokus selama perjalanan


Latihan pernapasan dapat dilakukan dimanapun ketika diperlukan. Tarik napas dalam, tahan, lalu hembuskan perlahan dan lakukan hingga 4-5 kali. 

Meditasi telah terbukti secara ilmiah dapat membatasi munculnya rasa khawatir dan stres selama perjalanan. Kamu bisa mendengarkan musik lembut atau melakukan meditasi terpandu. Cara ini dapat membantu otak agar relaks dan fokus selama perjalanan.

5. Batasi minuman berkafein

mirror.co.uk

Kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu pola tidur normal. Kamu tentu gak mau dong rencana liburan terganggu karena mata merah akibat kurang tidur selama perjalanan. Kamu bisa mengganti  minuman berkafein dengan teh herbal, misalnya teh kamomil yang membantu relaksasi dan tidur atau teh peppermint yang dapat mengatasi gangguan pencernaan yang dapat muncul saat traveling.

6. Tidur yang cukup selama perjalanan

huffingtonpost.com

Traveling dapat mempengaruhi ritme dan jam biologis tubuh, termasuk waktu tidur. Karena itu, walaupun terasa kurang nyaman, usahakan untuk tidur cukup di pesawat. Bila perlu gunakan penutup mata, pakaian berlapis agar kamu tak merasa terlalu kepanasan atau kedinginan, dan ear plugs untuk menghalangi suara di sekitarmu. Saat melintasi zona waktu berbeda, hindari jetlag dengan menyesuaikan jam dan perangkat lainnya ke zona waktu baru segera setelah kamu tiba dan menjaga pola tidur normal semaksimal mungkin.

7. Setelah tiba di tempat tujuan, segeralah beradaptasi dengan lingkungan baru


Kamu bisa berjalan santai dengan rute yang jauh, berjalan tanpa alas kaki, atau bermain-main di pantai. Kamu juga bisa berelaksasi dengan minum teh herbal, namun jangan lupa untuk terus minum banyak air putih dan makan makanan bergizi. Biarkan tubuhmu terkena sinar matahari dan menyesuaikan diri dengan linkungan baru agar tidak 'kaget'.


Gimana? Siap traveling sejauh mungkin?

15 komentar:

  1. Waah sangat bermanfaat, makasih author

    BalasHapus
  2. Sama2. Terimakasih sudah mampir ya :)

    BalasHapus
  3. Nah iya, biasanya telinga yang suka terganggu. Paling kalau gitu, saya mengunyah perman. Padahal biasanya jarang makan permen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul tuh, bisa sambil ngemut permen. Tapi kalo udh biasa lama2 telinganya udh ga sakit lagi sih

      Hapus
  4. Noted. Trimakasih tips-tipsnya. Bisa nih di praktekin. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
  5. Sayang nya ane gak pernah terbang 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa tau abis ini bisa naik pesawat gratis gan :D

      Hapus
  6. Aku biasanya sih dengeri musik atau baca buku, paling enak sih tidur hahah

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. wah padahal saya pecandu kopi apalagi kalau lagi ada <a href="www.berbisnis.online>perjalanan bisnis</a>, dan ternyata gak baik juga ya kalau lagi perjalanan minum yang ada kafein.

    thanks banget info nya sangat bagus dan cocok bagi yang suka traveling

    BalasHapus
  9. ane belum pernah naek pesawat sih, rasanya gimana ya. teknosmurf.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. take-off sama landingnya suka bikin deg-degan. Hehe

      Hapus