Berbeda dengan Indonesia, Berikut Aturan Makan Buah dan Sayur di Berbagai Negara

13.20 Dianissafitrah Hidayati 2 Comments

Sejak tahun 2014, pedoman makan resmi Indonesia adalah Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang merupakan pengganti konsep “4 Sehat 5 Sempurna”. Faktanya, pembaruan pedoman makan nasional ini tidak hanya terjadi di Indonesia lho!


Pada tahun 2002, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merilis laporan yang diantaranya berisi anjuran baru untuk konsumsi makanan yang lebih sehat. Setiap negara kemudian mengadopsi aturan tersebut kedalam pedoman makan nasional berdasarkan kondisi negara masing-masing. Pedoman makan biasanya berisi banyak ketentuan untuk setiap jenis makanan yang berbeda, karenanya kali ini Fine and Fun hanya akan membahas dari segi konsumsi buah dan sayur.

Makan buah dan sayur via stocksnap.io

Secara global, WHO menganjurkan konsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi (400 gram) per orang per hari. Satu porsi buah atau sayur dalam hitungan WHO setara dengan 80 gram. Berikut anjuran konsumsi buah dan sayur di berbagai negara :

Amerika Serikat 

Dietary Guideline for Americans menyebutkan minimal konsumsi buah dan sayur harian penduduknya adalah 3 porsi sayur dan 2 porsi buah. 

Kanada 

Di Kanada, penduduk berusia dewasa dianjurkan mengonsumsi 7 – 8 porsi buah dan sayur harian, sedangkan anak-anak sebaiknya mengonsumsi 4 – 6 porsi. Amerika Serikat dan Kanada sama-sama mengutamakan konsumsi sayur berwarna hijau dan jingga karena terbukti mengandung zat gizi yang lebih banyak dibandingkan sayuran warna lain. 

United Kingdom (UK) 

UK memiliki pedoman makan nasional yang disebut Eatwell Plate. Penduduk UK dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 5 porsi buah dan sayur per hari. 

The Eatwell Plate UK

Islandia

Di Islandia, masyarakat dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 500 gram buah dan sayur (>200 gram buah dan >200 gram sayur), termasuk dalam bentuk jus.

Indonesia 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Pedoman Gizi Seimbang (PGS) mengajurkan konsumsi buah dan sayur sebanyak 300 – 400 gram bagi balita dan anak sekolah serta 400 – 600 gram pada remaja dan orang dewasa. 

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau pedoman makan itu berbeda-beda tergantung kondisi negaranya? Semoga informasi ini berguna bagi readers yang suka bingung harus makan sebanyak apa. Hehehe...

2 komentar:

  1. ane kalau makan buah... kadang ga dikupas,, langsung plok... heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting udah dicuci kan? Ga langsung plok dari pohonnya? :D

      Hapus