Review Drama Korea 'Live', Realita Kehidupan Polisi

00.32 Dianissafitrah Hidayati 0 Comments



Another great drama from tvN !!!

Live menceritakan kehidupan polisi di Divisi Patroli. Itu loh.. polisi yang tugasnya keliling-keliling pakai mobil patroli kalau di drama korea. Seringkali kehidupan polisi yang diangkat di drama korea tuh yang tugasnya di Divisi Kejahatan dan Kekerasan kayak You are All Surrounded, Signal, Tunnel, atau Divisi Kejahatan Dunia Maya kayak di drama Ghost. Polisi yang digambarkan dalam drama-drama tersebut hanya memperlihatkan sisi kerennya polisi yang tugasnya lari kesana kemari buat menangkap penjahat. Kayaknya sih gak pernah ada yang notice polisi patroli karena perannya di drama genre kriminal tuh biasanya cuma ngejagain TKP atau nilang mobil yang melanggar rambu lalu lintas. Nah, lewat drama ini saya baru sadar kalau peran polisi di Divisi Patroli tuh juga penting karena mereka adalah pihak yang pertama kali mendatangi TKP begitu ada kasus yang dilaporkan. Kebayang dong betapa berbahayanya, secara polisinya gak tahu kayak apa penjahatnya atau apa yang bakal dia lakuin ke polisi yang berusaha menyelamatkan korban.

Yeom Sang Soo yang benci banget sama Oh Yang Chon dari pas di Akademi Kepolisian, malah berakhir jadi mentor-partnernya selama di Divisi Patroli. Wkwk

Drama Live menekankan aspek realita kehidupan polisi. Disini digambarkan kalau polisi juga manusia. Mereka bisa takut sama penjahat, bisa gemetaran waktu pertama kali lihat korban meninggal, punya keluarga yang khawatir dengan pekerjaan mereka yang beresiko, hati-hati kalau pakai senjata terutama pistol karena bisa berurusan sama Internal Affair (which is sangat realistis mengingat di drama-drama lain polisinya bisa asal tembak aja, padahal nyatanya mereka harus bertanggung jawab terhadap setiap butir peluru di pistol yang mereka bawa kemana-mana. Kalau asal tembak mereka bisa dipotong gajinya, diturunkan jabatannya, atau bahkan dipecat).

Debat masalah kerja lembur waktu rapat pagi.
Hal-hal kecil yang jarang ditampilin di drama korea genre police lainnya

Sebagai pecinta genre police/detective/crime, saya sudah terbiasa dengan polisi yang cuma ada 2 tipe: 1) Polisi yang sangat bertanggung jawab dengan tugasnya sekaligus yang paling kompeten (Si Baik), dan 2) Polisi korup yang saya bahkan gak ngerti kenapa dia bisa jadi polisi (Si Jahat). The End! Tapi di dunia nyata, berhubung manusia itu sangat kompleks, gak ada orang yang sepenuhnya baik atau sepenuhnya jahat. Sisi jahat dan sisi baik tuh pasti ada di diri setiap manusia, cuma kadarnya aja yang beda-beda. Di episode-episode awal, kita bisa melihat sisi 'gak dewasa' setiap orang yang menurut saya manusiawi banget. 

Oh Yang Chon, pengajar killer di Akademi Kepolisian, lagi beraksi >.<
  • Han Jung O (Jung Yu Mi), rookie  yang kompeten. Tapi sepinter-pinternya Jung O, tentu saya kemampuan dia gak level dewa juga
  • Yeom Sang Soo (Lee Kwang Soo), yang awalnya cuma mikirin penilaian kinerja dia sebagai rookie tapi lama-lama jadi polisi yang paling bertanggung jawa sama tugasnya.
  • Song Hye Ri (Lee Joo Young) yang awalnya bete banget dapat mentor-partner yang udah tua dan kurang kompeten menurutnya. Tapi pada akhirnya hubungan dia sama mentornya malah kayak ayah dan anak.
  • Oh Yang Chon (Bae Sung Woo), pernah jadi pengajar killer di Akademi Kepolisian tempat ketiga rookies itu sekolah. Polisi yang terkenal paling kompeten dan udah menang banyak penghargaan selama 20 tahun karirnya di dunia kepolisian. Meskipun dia tempramental, tapi dia ini sebenarnya polisi paling jujur, paling loyal dan paling berdedikasi, dan semua orang di kepolisian mengakui itu.
  • An Jang Mi (Bae Jong Ok), istrinya Oh Yang Chon. Polisi kompeten di Divisi Kejahatan Wanita, Anak dan Remaja. Jung O benar-benar respect sama dia.
  • Ki Han Sol (Sung Dong Il), Kepala Divisi Patroli yang leadership-nya keren abis!
  • Dan lain-lain yang gak bisa dijelaskan satu persatu. Yang jelas, setiap orang punya masalah hidupnya masing-masing tapi pada akhirnya mereka bisa saling memahami

Dalam drama ini, pasangan Oh Yang Chon - An Jang Mi diceritakan lagi retak hubungan rumah tangganya. Trus anak-anaknya juga gak akrab sama Yang Chon. Semua itu karena selama Yang Chon kerja di Divisi Kejahatan dan Kekerasan, dia selalu ada di lapangan buat ngejar penjahat. Jadi dia jarang pulang ke rumah, jarang ada waktu buat keluarganya. Tapi lambat laun hubungan mereka membaik karena Yang Chon yang tempramen mulai belajar memahami orang-orang di sekitarnya. Dia juga jadi punya waktu buat berkomunikasi sama anaknya sih semenjak dia pindah ke Divisi Patroli. Saya suka banget sama pasangan ini karena mereka sama-sama kompeten dan berdedikasi sebagai polisi. Trus cara mereka meng-handle masalah pernikahannya secara dewasa, wah itu bener-bener gak 'drama'. 

Btw, di drama ini tuh ada Lee Kwang Soo. Ceritanya nih dia naksir sama Han Jung O. Tapi entah kenapa setiap adegan mereka berdua yang harusnys so sweet, atau adegan dia sama polisi lain yang situasinya lagi serius, saya gak bisa ikutan serius. Soalnya image dia di Running Man tuh udah terlalu menempel. Jadi saya gak bisa memasukan image-nya sebagai Yeom Sang Soo, polisi yang berdedikasi sama tugasnya, ke dalam otak saya. Mianhae Lee Kwang Soo....  >.<

Poin penting lain dari drama ini adalah OST-nya yang pake lagu barat, judulnya 'Carry Me' yang dinyanyikan oleh 'Family of The Year.' Lagunya mereka yang judulnya 'Hero' dipakai buat OST drama It's Okay That's Love dan musiknya selalu sukses bikin sedih. Ternyata nih Director dan Screen Writer kedua drama itu tuh sama. Pantesan pilihan musiknya sama ya. Secara pribadi sih, saya lebih suka 'Hero' dibandingkan 'Carry Me'. Tapi dua lagu itu sama-sama enak didenger sih, sama-sama punya lirik yang dalem.

"And you try but it's too much, And hurting yourself is not enough, Think of everyone who has it worse than you, There is no curse on you" (Family of The Year - Carry Me)

Anyway, ini pertama kalinya saya nonton drama kepolisian yang gak menonjolkan rasa deg-degan dan gregetan waktu ngeburu penjahat. Sepanjang drama, kita malah akan disuguhkan dengan life lesson dan suka dukanya jadi polisi. Gak cuma kerennya aja. Sangat realistis!


***

0 komentar: