5 Destinasi Wisata Terbaik Dunia untuk Muslim Traveler Tahun 2018, Ada Indonesia Lho!

08.46 Dianissafitrah Hidayati 0 Comments

pixabay.com/veerasantinithi

Global Muslim Travel Index (GMTI) mengeluarkan laporan destinasi wisata terbaik dunia bagi muslim traveler tahun 2018. GMTI merupakan indeks penilaian kualitas dan kuantitas wisata halal di berbagai negara paling lengkap hingga saat ini sehingga seringkali dijadikan tolok ukur kesuksesan pariwisata suatu negara. Survei tahun ini melibatkan 130 negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan non-OKI. Kriteria yang diukur diantaranya kemudahan akses, komunikasi, lingkungan, dan pelayanan. Yuk, langsung saja simak 7 negara terbaik bagi muslim traveler versi GMTI 2018!


1. Malaysia

pixabay.com/indra115

Malaysia telah lama dikenal sebagia destinasi wisata favorit bagi traveler muslim dunia dimana lebih dari separuh penduduknya beragama Islam. Selain Menara Kembar Petronas, kamu juga bisa mengujungi Islamic Art Museum di Kuala Lumpur, Kompleks Taman Seni Islam di Selangor, atau Masjid Jamek yang merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur.

Berwisata kuliner juga mudah karena banyak tersedia makanan halal, mulai dari street food hingga restauran kelas atas. Maka gak heran kalau Malaysia menempati peringkat tertinggi GMTI dengan skor 80,6.

2. Indonesia

flickr.com/Priyadi Hartono

Indonesia menempati peringkat kedua destinasi muslim friendly dengan skor 72,8. Pencapaian ini didukung oleh program wisata halal yang diluncurkan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sejak tahun 2013. Ada sembilan destinasi wisata halal di Indonesia, yaitu Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Lombok, dan Makassar.

3. Uni Emirat Arab

pixabay.com/monikawl999

Dalam GMTI 2018, Uni Emirat Arab (UEA) juga menempati peringkat kedua bersama dengan Indonesia. Dubai dan Abu Dhabi merupakan destinasi wisata halal terpopuler di UEA. Di Dubai kamu bisa mengungjungi Palm Island dan BurjKhalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia, sedangkan di Abu Dhabi terdapat Masjid Agung Sheikh Zayed dan arena balap Yas Marina Circuit yang menyelenggarakan Grand Prix F1 tahunan.

Makanan halal juga mudah ditemukan di seluruh penjuru kota. Restaurant India, Pakistan, Libanon, Mesir, dan restauran Timur Tengah lainnya biasanya dimiliki oleh muslim sehingga terjamin kehalalannya.

4. Turki

pixabay.com/Trudi90

Posisi selanjutnya ditempati Turki dengan skor 69,1. Kota terpadat Turki, Istanbul, cocok dijadikan destinasi wisata buat kamu yang menyukai kekayaan budaya dan sejarah. Kamu bisa mengunjungi Museum Hagia Sophia, Istana Topkapi, Masjid Sultan Ahmed, dan Grand Bazaar.

Lokasi lain yang juga wajib kamu kunjungi selama di Turki adalah Cappadocia yang terkenal dengan bentang alamnya yang unik. Salah satunya Göreme Open-Air Museum yang termasuk kedalam situs warisan dunia UNESCO.

5. Arab Saudi

pixabay.com/apriltan18

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang paling sering dikunjungi muslim, terutama Kota Mekah dan Madinah. Kalau kamu ingin merasakan suasana kota yang lebih modern, cobalah berkunjung ke Riyadh. Ibu kota Arab Saudi ini merupakan kota paling maju sekaligus destinasi utama turis dan warga negara asing di negara ini. Terdapat banyak restauran dan hotel mewah di Riyadh, diantaranya Burj Rafal, salah satu hotel tertinggi di dunia.

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan ketika muslim traveler berencana mengunjungi suatu destinasi wisata, seperti ketersediaan makanan halal, fasilitas ibadah, dan keramahan masyarakatnya terhadap muslim. Hal tersebut tentu saja akan lebih terjamin apabila berwisata ke salah satu dari 5 negara diatas. Jadi kapan nih traveling kesana?

***

0 komentar: