Kamis, 14 September 2017

Ahli Gizi Menyebut Vitamin C Sebagai Vitamin Paling Labil, Kenapa Ya?

via pixabay.com

Sifat labil ternyata tak hanya dialami manusia lho. Buktinya para ahli gizi menyatakan bahwa vitamin C adalah vitamin yang paling labil. Hal ini karena vitamin C a.k.a Asam Askorbat sangat mudah rusak dan tidak stabil dalam lingkungan tertentu dibandingkan dengan vitamin jenis lain. Yuk kenalan lebih jauh dengan si labil yang penuh manfaat ini!


1. Vitamin C ditemukan karena penyakit yang diderita para pelaut Inggris


Sejak abad ke-15, para pelaut seringkali menderita penyakit skorbut karena hanya mengonsumsi makanan yang dikeringkan dan biskuit selama perjalanan laut berbulan-bulan. Penyakit ini menyebabkan kelelahan berkepanjangan, pucat, perdarahan gusi dan bawah kulit, hingga kematian. Kemudian pada tahun 1746, James Lind, seorang dokter bedah di kapal angkatan laut Inggris, melakukan percobaan terhadap 12 orang pelaut yang menderita skorbut. Para pelaut tersebut dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama diberi makan jeruk dan kelompok kedua diberi cuka selama 2 minggu. Hasilnya, kelompok yang diberi makan jeruk ternyata berangsur sembuh dari skorbut dalam waktu 6 hari, sedangkan kelompok yang diberi cuka tidak menunjukkan perkembangan apapun. Semenjak itu, orang-orang menyadari bahwa jeruk dapat mencegah maupun menyembuhkan penyakit skorbut. Namun, pada saat itu, belum diketahui bahwa zat gizi dalam jeruk yang berperan dalam pencegahan penyakit tersebut adalah vitamin C. Baru pada tahun 1932 Szent-Gyorgyi dan C. Glenn King berhasil mengisolasi zat antiskorbut dari jeruk dan kol yang kemudian dinamakan Vitamin C.


2. Jus pabrikan diklaim banyak mengandung vitamin C, benarkah begitu?

Minum jus buatan sendiri via pixabay.com

Jus buah dalam bentuk botol maupun kotak dari pabrik diklaim mengandung banyak vitamin C ketika diiklankan. Namun, apakah benar demikian? Vitamin C merupakan zat yang mudah rusak ketika terkena panas, terutama dalam bentuk larutan. Selama proses distribusi dan penyimpanan, apabila jus pabrikan terpapar suhu panas, maka kandungan vitamin C akan berkurang. Jadi ketika kamu minum jus tersebut, kandungan vitamin C yang sebenarnya kamu dapatkan belum tentu sama dengan yang dicantumkan pada label kemasan karena sebagian vitamin C bisa saja telah rusak selama proses distribusi yang panjang atau penyimpanan yang tidak tepat di toko

3. Orang dewasa hanya membutuhkan maksimal 100 mg vitamin C setiap hari


Kebutuhan vitamin C setiap orang akan berbeda tergantung usia dan kondisi fisiologis (misalnya hamil dan menyusui). Pada usia 16 - 80 tahun keatas, tubuh hanya membutuhkan 90 mg vitamin C per hari untuk laki-laki dan 75 mg per hari untuk perempuan. Kebutuhan vitamin C tertinggi adalah pada ibu menyusui yaitu 100 mg per hari. Apabila kamu mengonsumi lebih dari 100 mg per hari, maka tubuh dapat menyimpan vitamin C sebagai cadangan hingga 1500 mg yang dapat mencegah skorbut (penyakit akibat kekurangan vitamin C) selama 3 bulan! Ketika konsumsi vitamin C harianmu sangat tinggi, misalnya sampai 1000 mg per hari dan cadangan vitamin C sudah lebih dari 1500 mg, maka akan dibuang melalui urin sebagai asam askorbat atau melalui pernapasan sebagai karbondioksida. Mengapa dibuang? Karena vitamin merupakan zat gizi mikro sehingga tubuh tidak membutuhkannya dalam jumlah yang banyak.

4. Fungsinya tidak sebatas meningkatkan daya tahan tubuh


Vitamin C telah lama dikenal dapat menjaga daya tahan tubuh karena perannya dalam fungsi kekebalan. Selain itu, vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dan kalsium serta mencegah kanker. Vitamin C merupakan bahan penting dalam pembentukan kolagen sehingga turut berperan dalam penyembuhan luka, patah tulang, perdarahan di bawah kulit, dan perdarahan gusi.


5. Makanan sumber vitamin C

via pixabay.com

Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin C, konsumsi sayur dan buah secara rutin sangat dianjurkan. Buah-buahan seperti jeruk, nanas, rambutan, dan pepaya merupakan jenis pangan dengan kadar vitamin C yang tinggi.

Walaupun vitamin C disebut sebagai vitamin paling labil, tapi mengonsumsinya secara rutin dengan pengolahan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.


***

3 komentar:

  1. wah baru tau saya mbak, jadi mulai sekarang harus sering-sering konsumsi makanan yang banyak vitamin c nya

    BalasHapus
  2. HAI TEMAN SEKARANG ADA MYDRAKOR, Bagi kamu pecinta drama korea, sekarang bisa menyaksikan film korea di layar hp kamu, cukup mudah tinggal download aplikasi MYDRAKOR di GooglePlay gratis, MYDRAKOR banyak film drama korea terbaru dan ter-update, sangat mudah dan user friendly, MYDRAKOR pilihan terbaik untuk menonton film drama korea.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus